Harga Gabah Tinggi, Petani Majalengka Girang

115463_275.jpg

LinkJournal – Harga gabah di Kabupaten Majalengka mencapai Rp 5 ribu per kilogram. Harga ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga pembelian yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 3.350 per kg.

Manto, petani asal Desa Palasah Kecamatan Kertajati, mengakui jika harga gabah saat ini cukup tinggi. “Menjualnya pun tidak susah. Banyak pembeli yang berdatangan ke sawah dan rumah-rumah petani untuk mencari gabah,” katanya, Rabu, 22 Oktober 2014. Mereka berebut mencari gabah yang masih tersisa di akhir musim gadu (kemarau).

Manto senang dengan harga gabah yang cukup tinggi. Apalagi dia baru panen dua minggu lalu. Uang penjualan gabah akan digunakan Manto untuk membeli pupuk. Manto mengaku takut saat musim tanam rendeng sulit mendapatkan pupuk.

Hal yang sama diungkapkan Neri, petani asal Kelurahan Simpeureum Kecamatan Majalengka. “Saya langsung setuju menjual gabah saat ada yang datang ke rumah dan ingin membeli gabah seharga Rp 5 ribu/kg,” katanya. Harga ini menurut Neri, jauh di atas harga pembelian yang ditawarkan Bulog.

Namun, Neri mengaku tetap harus pintar-pintar membagi gabah yang akan dijual dan akan dikonsumsi sendiri. Sebab jika tidak, Neri terpaksa membeli beras di pasaran dengan harga yang tinggi. Apalagi produksi gabah saat ini berkurang akibat kekeringan dan serangan hama.

Kepala Subdivisi Regional Bulog Cirebon Miftahul Ulum saat dikonfirmasi akan memantau tingginya harga gabah yang terjadi di Kabupaten Majalengka. “Akan kami pantau dulu,” kata Miftahul, yang baru beberapa hari mengisi jabatan di Bulog Cirebon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: