Harga Cabai di Pasar Tradisional Lahat Capai Rp 45 Ribu per Kilogram

20140627_153538_jelang-ramadan-harga-sembako-di-jakarta-stabil.jpg

LinkJournal – Pasca Idul Adha pada akhir September 2014 lalu, harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional Kota Lahat sudah berangsur normal.

Meski sempat melonak tinggi, namun berangsur turun hingga saat ini. Namun hal tersebut tidak terjadi pada cabai merah, karena kini harganya malah mencapai Rp 45 ribu per kilogramnya.

Pantauan Sripoku.com di Pasar Tradisional Modern (PTM) Serelo dan pasar Lematang, harga sejumlah kebutuhan bahan pokok mulai kembali normal. Meski pada saat menjelang dan sesudah Idul Adha lalu sempat melonjak tinggi, kini harga jual sudah berangsung turun dan normal kembali sepeti sebelumnya.

Seperti harga daging sapi yang dulu sempat menyentuh harga Rp 120 ribu perkilogramnya, kini turun menjadi Rp 105 ribu per kilogramnya. Sementera daging ayam yang sempat mencapai Rp 35 ribu per ekor, kini sudah normal menjadi Rp 27 ribu per ekor. Termasuk juga ikan patin dan nila, yang turun menjadi Rp 24 ribu per kilogramnya.

Harga jual aneka bumbu dapur pun juga berangsung turun, seperti bawang putih dijual Rp 16 ribu per kilogram. Sementera bawang merah Rp 26 ribu per kilogram, dan sayur mayur seperti sawi dan daun kangkung serta singkong dijual Rp 2000 per ikat. Termasuk daun kemangi yang sempat dijual Rp 4000 per ikat, sudah normal menjadi Rp 1500 per ikat.

Namun kembali normalnya harga sejumlah kebutuhan tersebut, tidak diikuti oleh cabai. Harga cabai merah keriting bahkan menyentuh harga Rp 45 ribu per kilogram, dan belum turun pasca Idul Adha lalu. Padahal merupakan salah satu bumbu pokok warga Kota Lahat, dan harus ada bila sedang menyantam makanan.

"Barang lain harganya sudah normal, tapi cabai masih tetap mahal. Tidak turun-turun harganya dari bulan lalu," ujar Yuni (38) pengunjung PTM Serelo.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: