Twitter Akuisisi Website Twitpic Beserta Arsip Foto Lawasnya

Twitpic-640x359.jpg

LinkJournal – Polemik antara Twitter dan Twitpic akhirnya usai. Twitter dikabarkan telah mengakuisisi layanan berbagi foto tersebut termasuk arsip foto lama mereka. Seperti apa?

Seperti dikabarkan sebelumnya, Twitpic telah umumkan layanan mereka bakal ‘pensiun’ selepas digugat Twitter karena persoalan merek dagang. ‘Hilangnya’ Twitpic sedianya tidak terlalu berdampak krusial bagi user.

Mengapa? Sebab, mereka tetap bisa unggah foto ke Twitter meski tanpa kehadiran Twitpic. Terlebih, Twitter juga miliki layanan hosting foto sendiri di Pic.twitter.com. Namun, ini akan lain cerita bagi foto-foto lawas yang diunggah terdahulu.

Dengan akuisisi ini maka jutaan foto lawas masih bisa diakses oleh user Twitter. Tak hanya sekadar akses namun juga dimanfaatkan. Dalam satu kesepakatan, Twitpic telah pula memberikan domain mereka pada Twitter.

Selain itu, dampak lain dari ‘pensiunnya’ Twitpic yakni aplikasi mobile mereka akan dihapus sebab telah disinkronan dengan Twitter. Dengan kata lain ini adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal pada layanan foto berusia tujuh tahun itu.

Dalam satu pernyataan resmi di blog Twitpic, pencipta Twitpic, Noah Everett menulis jika situs Twitpic tidak bisa dipakai untuk simpan data hanya ‘read only’. Kemudian, aplikasi Twitpic di iOS dan Android akan dihapus dan tidak lagi dudukung (update).

User masih bisa login ke situs Twitpic untuk hapus data (foto) dan akun. Terakhir, user masih bisa untuk export atau download foto di situs Twitpic.com.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: