Harga Cabai di Kalimantan Tengah Naik 100 Persen

305235_275.jpg

LinkJournal – Kenaikan harga cabai di Provinsi Kalimantan Tengah sudah mencapai 100 persen dari harga sebelumnya. Bila sebelumnya pedagang menjualnya dengan harga Rp 50 ribu per kilogram, pada Minggu, 9 November 2014, harganya mencapai Rp 100 ribu per kg.

“Kondisi ini jelas membuat keinginan warga untuk membeli semakin berkurang karena harganya mahal. Dan bila nantinya harga terus naik saya kemungkinan untuk sementara tidak akan menjual cabai dulu menunggu harga stabil,” kata pedagang cabai di Pasar Kahayan, Jalan Cilik Riwut Km 1 Palangkaraya, Misrukiah, Ahad.

Misrukiah mengaku kenaikan harga cabai ini sangat drastic. Menurut dia, setiap hari selama sepekan ini selalu terjadi kenaikan harga.

Harga cabai diperkirakan terus naik hingga pemerintah benar-benar menerapkan kebijakan yang tidak popular tersebut. Kenaikan harga ini diperkirakan akibat imbas dari mulai naiknya angkutan barang, mengingat cabai merupakan komuditas yang didatangkan dari Pulau Jawa.

Contohnya, untuk harga cabai pedas jenis tiung, semula dijual dengan harga menjadi Rp 50 ribu per kg, saat ini harganya melonjak jadi Rp 100 ribu per kg. Namun untuk harga harga cabai keriting kenaikannya tidak terlalu tinggi yakni yang semula Rp 50 ribu per kg naik menjadi Rp 55 ribu per kg.

Dari pantauan di Pasar Kahayan, sejumlah harga kebutuhan yang mulai merangkak naik bukan hanya cabai tapi juga ikan laut.

Endang, warga Palangkaraya yang tengah membeli cabai di Pasar Kahayan, mengungkapkan, seharusnya sebelum melakukan kenaikan harga BBM pemerintah juga memperhatikan masukan dari masyarakat mengenai dampaknya. “Ini jelas membuat kita repot karena kita harus membagi dan mencukupkan anggaran yang kita miliki. Tapi kalau semua naik, terus gimana kita mensiasatinya,”ujar wanita yang bekerja diperusahaan pengolahan kayu ini.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: