Akuisisi Usaha Video Iklan, Yahoo Dapat Cibiran

235865_marissa-mayer--ceo-yahoo--di-panggung-ces-2014--las-vegas_209_157.jpg

LinkJournal – Belum lama ini, Yahoo menyatakan ingin merumahkan karyawannya di beberapa negara, termasuk Indonesia. Belum lagi mereda kabar itu, Yahoo kembali membuat aksi mengejutkan.

Yahoo mengumumkan akuisisinya terhadap perusahaan video periklanan, BrightRoll. Nilainya, US$640 juta.

Ada beberapa alasan masuk akal yang membuat Yahoo membeli BrightRoll. Pertama, dengan akuisisi ini, setidaknya Yahoo memiliki persediaan video iklan yang bisa dijual. Kedua, algoritma Brightroll ini bisa membantu efisiensi akses video oleh pengiklan.

Alasan lainnya, Yahoo ingin menjadikan Tumblr sebagai pesaing Youtube. Untuk itu, jelas, Yahoo membutuhkan video hosting dan teknologi penayangan iklan. Alasan terakhir, BrightRoll membukukan pendapatan US$100 juta tiap tahun. Tentu, ini akan turut menopang pertumbuhan Yahoo.

Namun, akuisisi ini ditanggapi beragam oleh pelaku industri. Tak sedikit yang mencibir aksi korporasi perusahaan yang dipimpin Marissa Mayer itu. Bahkan, salah satu pemegang saham, Eric Jakson menyebut pembelian BrightRoll itu terlalu mahal.

"Khas deal dari Yahoo. Membeli dengan harga dua kali lipat. Saya berharap, mereka membeli Liverail. Jika itu terjadi, itu jauh lebih objektif ketimbang Tumblr, atau enam lusin akusisi karyawan, " katanya seperti dilansir laman BusinessInsider.

Mantan executive Yahoo malah mencibir akuisisi ini. Menurutnya, BrightRoll tak ubahnya clearing-house tanpa teknologi besar. "Seperti keputusasaan. Terlalu banyak jaringan iklan (hanya operasional jual-beli, bukan platform yang benar). Valuasi yang benar-benar konyol," ujar sumber yang tak disebut namanya itu.

Namun, apa pun komentarnya, akuisisi itu telah terjadi. Dan, apakah seperti tabiatnya, Yahoo bakal "membiarkan" perusahaan yang diakuisisinya, kita tunggu saja.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: