Harga cabe merah di Rokan Hulu capai Rp100 ribu

20141104Harga-Cabe-Rawit-Naik-041114-RM-1.jpg

LinkJournal – Harga cabe merah di Rokan Hulu terus merangkak naik satu pekan terakhir dari harga Rp30 ribu per kilogram (kg) naik ke Rp80 ribu hingga saat ini mencapai Rp100 ribu per kg.

"Tidak hanya harga cabe saja yang mengalami kenaikan harga, tetapi kebutuhan pokok dan sayuran di Kabupaten Rokan Hulu juga ikut naik,"ungkap Merry selaku pengusaha warung di Pasir Pengaraian, Rabu.

Dia juga mengungkapkan bahwa harga cabe rawit yang sebelumnya Rp20 ribu per kg, kini naik Rp60 ribu per kg, begitu juga dengan ayam potong dari Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu per kg.

"Pokoknya hampir semua kebutuhan naik saat ini,"ujar dia.

Dia mengatakan beberapa pedagang sayuran di Pasar Modern Pasir Pengaraian mengakui jika kenaikan harga cabe merah disebabkan minimnya pasokan dari daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Ada juga pedagang yang mengaku, kenaikan harga sayuran karena sebentar lagi perayaan Natal dan Tahun Baru," jelasnya.

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Penyuluhan dan Pertanian (BKP3) Rokan Hulu Asnibar yang didampingi pegawainya Tri Ismadi membenarkan jika kenaikan dari harga cabe di pasar disebabkan berkurangnya pasokan dari wilayah pemasok Sumatra utara.

Menurut dia dalam upaya menanggulangi kenaikan harga kebutuhan pokok dan sayuran, perlu dilakukan kerjasama dengan instansi teknis terkait lain.

BKP3 Rokan Hulu sendiri, katanya, akan terus memaksimalkan upaya untuk memperkuat dan mengadakan pembinaan kepada petani cabe setempat.

"Pembinaan itu dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan pasokan dari luar daerah,"ucapnya.

Selain itu untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok dan sayuran, Wakil Bupati Rokan Hulu Hafith Syukri juga menyempatkan diri meninjau langsung keadaan Pasar Modern Pasir Pengaraian.

Dia meminta kepada para pedagang agar tidak asal-asalan dalam menaikkan harga kebutuhan pokok.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: