Bos Lion Air Tutup Mulut Soal Akuisisi Jetstar

1412592073.jpg

LinkJournal – CEO Lion Group Rusdi Kirana sama sekali enggan membicarakan soal rencana pembelian saham maskapai anak perusahaan Qantas Airways Ltd, Jetstar Asia Airways. Seperti diberitakan ReutersJuli lalu, negosiasi mengenai pembelian 49 persen saham Jetstar Asia Airways ini telah dimulai beberapa bulan lalu dan hingga kini masih berada di tahap awal, mengutip dari seorang yang dekat dengan laporan ini yang enggan disebutkan namanya.

Nilai pembelian pun masih belum jelas. Seorang juru-bicara Qantas menolak memberi komentar terkait langkah Lion Air Group ini yang dianggapnya hanya sebagai spekulasi. Pihak Lion Air dan Jetstar pun enggan memberi keterangan lebih lanjut.

"No comment," tegas Rusdi di markas Airbus, Toulouse, Perancis, Rabu (12/11).

Namun demikian, rencana pembelian oleh Lion Group dinilai akan membantu Qantas untuk terus berkompetisi di tengah persaingan ketat di kawasan Asia Pasifik. Pada bulan Februari lalu, Qantas juga menghentikan ekspansi jaringan Jetstar. Qantas diperkirakan menerima tawaran Lion Air karena sedang terlilit utang besar. Bahkan pemerintah Australia menolak proposal jaminan bantuan utang Qantas.

Jetstar merupakan maskapai low cost carrier melayani 20 destinasi dengan 19 unit armadanya mencakup Bali, Phuket dan Hanoi. Menurut data Qantas, Jetstar menerbangkan 2 juta penumpang di semester-II 2013. Saham mayoritas Jetstar masih dimiliki perusahaan perjalanan Singapura, Dennis Choo.

Lion Air merupakan salah satu maskapai yang berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan, bahkan menargetkan untuk mengoperasikan 1.000 unit pesawat pada beberapa tahun ke depan.

Sebelumnya, di sela acara Diaspora, JCC Senayan Agustus tahun 2013 lalu, Rusdi sempat mengungkapkan pihaknya ingin membuka rute ke Australia. Bahkan, hingga memiliki unit usaha di negeri Kangguru itu pada tahun ini.

Jetstar Airways adalah sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah Australia yang berpusat di Melbourne, Australia. Maskapai ini adalah anak perusahaan Qantas yang dibentuk sebagai jawaban atas maskapai penerbangan bertarif rendah Virgin Blue (sekarang bernama Virgin Australia). Maskapai ini mengoperasikan jaringan domesik yang luas serta rute regional dan internasional dari pusatnya di Bandar Udara Melbourne, menggunakan armada keluarga Airbus A320 dan Airbus A330.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: