Harga Cabai Rawit Kian Melangit, Tembus Rp55 Ribu per Kg

st1YAtpNXG.jpg?w=480

LinkJournal – Sekalipun hujan sudah turun, harga cabai rawit di pasar tradisional di wilayah Karesidenan Madiun, Jawa Timur, malah kian melangit.

Sabtu (15/11) ini, harga cabai rawit mencapai Rp55 ribu per kg. Bahkan ada sejumlah pedagang di pasar menjual pemedas rasa ini hingga mencapai Rp60 ribu per kg.

"Edan tenan, rega lombok cempling ning Pasar Kawak Mediun. Isuk iki regane duwur banget, wis tembus seket lima ewu per kilone (Gila benar, harga cabai rawit di Pasar Kawak Madiun. Pagi ini harga cabai tinggi sekali, sudah tembus Rp55 ribu)," keluh Bu Sub,50, setelah belanja di Pasar Kawak Madiun, Sabtu (15/11).

Menurut Bu Sub, harga cabai rawit sebulan lalu masih dalam kisaran Rp14-Rp15 ribu per kg. Minggu lalu cabai rawit mendadak naik menjadi Rp25 ribu per kg. Harga ini terus menggelinding naik setiap hari rata-rata antara Rp5 ribu hingga RP10 ribu per kg. Dan pada pagi ini harga cabai rawit naik lagi, bertengger di harga Rp55 ribu per kg.

Harga cabai rawit ini diprediksi akan terus membumbung tinggi menjelang datangnya Hari Natal dan Tahun Baru 2015. Sebab, kebutuhan akan komoditas ini pada Hari Natal dan Tahun Baru 2015 akan bertambah banyak namun ketersedian barang malah menipis. Hal ini lantaran banyak petani cabai gagal panen akibat musim kemarau panjang.

"Untuk itu, kami meminta agar pemerintah secepatnya bisa menurunkan harga cabai yang sekarang kian meroket ini. Karena hanya pemerintahlah yang bisa menurunkan harga cabai rawit dan harga-harga sembako lainnya," kata para ibu-ibu di Madiun.

Sementara itu para simbok bakul sayur-mayur membenarkan bahwa harga cabai rawit sekarang terus naik tiada henti. Hal ini akibat petani cabai gagal panen akibat musim kemarau panjang. Kegagalan panen petani tersebut membuat cabai rawit terbatas ketersediaannya.

"Harga kulakan kami memang sudah tinggi, jadi harus kami jual dengan harga tinggi pula. Ya itulah alasan kami menaikkan harga cabai," jelas para simbok bakul di pasar.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: