J Trust Resmi Akuisisi Bank Mutiara Rp 4,41 Triliun

1cb553c1-67a8-450d-aff4-47dc4dfe88b0_43.jpg?w=360&q=90

LinkJournal – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) secara resmi menyerahkan 99 persen saham PT Bank Mutiara ke perusahaan keuangan asal Jepang, J Trust Co. Ltd. Persetujuan transaksi tersebut didapat setelah melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar hari ini, Kamis (20/11).

"Proses penjualan Bank Mutiara telah mencapai tahap akhir dan dilakukan secara terbuka, transparan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," Kartika Wirjoatmodjo, Kepala Eksekutif LPS dalam konferensi persnya di Equity Tower, Jakarta (20/11).

Jumlah saham Bank Mutiara yang dialihkan LPS ke J Trust dengan nilai Rp 4,41 triliun atau setara dengan Price to Book Value sekitar 3,5 kali. "Pembayaran telah diselesaikan secara tunai pagi ini," ucap pria yang akrab dipanggil Tiko tersebut.

Dengan penyelesaian transaksi itu, Tiko berharap J Trust sebagai pemilik baru dapat memperbaiki kinerja bank yang dulu bernama Bank Century itu.

"Kami percaya Bank Mutiara akan bertumbuh positif di Indonesia," ujar Tiko.

Tiko menambahkan, dengan beralihnya kepemilikan Bank Mutiara ke J Trust juga telah menyetujui perubahan anggaran dasar dan persetujuan perubahan pengurus yang diambil melakukan RUPSLB. Salah satunya adalah perubahan posisi manajemen.

Perubahan pengurus tersebut menunjuk Didik Madiyono sebagai Komisaris, Gandhi Ganda Putra selaku Direktur Utama, serta menerima pengunduran diri Eko Budi Supriyanto sebagai Komisaris, selain itu RUPSLB juga mengangkat Nobiru Adachi sebagai Komisaris.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: