3G Capital Berambisi Akuisisi Kraft Foods Group

3g-capital-berambisi-akuisisi-kraft-foods-group-8L7.jpg

LinkJournal – Perusahaan ekuitas privat 3G Capital sedang berunding untuk mengakuisisi Kraft Foods Group dalam kesepakatan senilai lebih dari USD40 miliar.

The Wall Street Journal (WSJ) melaporkan hal itu kemarin. 3G Capital pernah bekerja sama dengan Berkshire Hathaway Inc yang dipimpin Warren Buffett membuat berita besar dan mengguncang industri makanan pada 2013 dengan mengakuisisi perusahaan kecap ternama, H.J. Heinz Co, senilai USD23 miliar.

”3G Capital saat ini sedang menargetkan lebih banyak akuisisi setelah mengumpulkan dana USD5 miliar dan sekarang Kraft Foods sedang dibidik,” ungkap sumber yang mengetahui masalah tersebut pada WSJ.

Kesepakatan kali ini dapat menjadi momen penting bagi industri makanan. Belum jelas apakah Berkshire akan terlibat dalam penawaran akuisisi 3G terhadap Kraft. Meski demikian, sejumlah sumber menyatakan, 3G sekarang diperkirakan akan menggabungkan Kraft dengan Heinz jika kesepakatan akuisisi ini berhasil.

Buffett pada Mei lalu menjelaskan, dia berharap dapat bekerja sama dengan 3G untuk lebih banyak transaksi bisnis. Harga saham Kraft naik hingga 16,5% menjadi USD71,44 dalam perdagangan setelah bel berbunyi. WSJ pernah melaporkan kemungkinan kesepakatan akuisisi itu bernilai sekitar USD40 miliar.

Kraft memiliki 588,13 juta saham pada 2 Maret, menurut data Thomson Reuters. Sesuai harga saham pada penutupan Selasa (24/3) senilai USD61,32 per saham, Kraft memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD36,06 miliar. 3G Capital, Berkshire, dan Kraft belum memberikan keterangan secara resmi hingga berita ini dirilis.

Perusahaan ekuitas privat asal Brasil ini di masa lalu banyak menuai kritik karena keputusannya memangkas ribuan tenaga kerja di Heinz. Empat bulan setelah akuisisi Heinz, sebanyak 11 dari 12 eksekutif puncak Heinz diganti. Ini diikuti dengan serangkaian pemecatan pegawai.

Desember lalu Kraft menyatakan, Chairman Kraft John Cahill akan mengganti chief executive officer (CEO) setelah serangkaian perombakan manajemen. Perusahaan itu dila-porkan merugi pada kuartal IV/2014 saat konsumen berpindah ke makanan yang lebih segar dengan bahan baku yang lebih berkualitas tinggi. Kondisi ini mengakibatkan penurunan laba.

Tidak seperti para pesaingnya, Kraft tidak melakukan ekspansi ke sektor yang mengalami pertumbuhan lebih cepat seperti makanan organik dan alami melalui sejumlah akuisisi. Cahill yang menolak menjelaskan dengan rinci strateginya, sekarang memfokuskan perusahaan pada pengembangan berbagai produk sesuai minat konsumen dan berbelanja iklan secara lebih efisien.

Kraft dipecah menjadi dua perusahaan pada 2012, dengan Kraft Foods fokus pada produkproduk grosir di Amerika Utara dan Mondelez International Inc untuk produk-produk snack . Kraft merupakan salah satu perusahaan makanan terbesar di Amerika Serikat (AS).

Perusahaan yang terkenal dengan produk kejunya itu memiliki kopi Maxwell House dan pada 2010 membeli perusahaan cokelat asal Inggris, Cadbury, senilai 11,5 miliar poundsterling.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: