BCA Bidik Akuisisi 2 Bank

XshKjXP8xh.jpg?w=480

LinkJournal – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) bakal mengakuisisi dua bank yang memiliki kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 1 atau 2. Langkah akuisisi ini sejalan dengan Rencana Bisnis Bank (RBB) BCA di 2015.

"Akuisisi sih belum, tapi langkah akuisisi sudah masuk RBB perseroan di tahun ini. Maunya sih dua bank," kata Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja, ketika ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan BCA, di Hotel Grand Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (9/4/2015).

Jahja menjelaskan, rencana perseroan melakukan akuisisi terhadap bank yang berada di BUKU 1 dan 2 dengan alasan perseroan akan meningkatkan valuasinya, dari valuasi yang sebelumnya masih rendah. "Kenapa bank kecil yang kita akan akuisisi? Karena bank kecil yang berada di sektor perdagangan cocok dengan kita. Dan harganya juga tidak mahal. Kita tingkatkan valuasinya, dari bank-bank yang berskala kecil," jelas Jahja.

Tahun ini, menurut Jahja, merupakan peluang bagi perseroan untuk mengakuisisi bank kecil. Sebab, price book value (PBV) perbankan sedikit melandai, karena kinerja perbankan di tahun lalu kurang baik. Jika sudah menemukan bank yang pas untuk di akusisi, masih kata Jahja, pihaknya akan melaporkan langsung kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam memantapkan langkah akuisisi ini, perseroan sudah menganggarkan dana sebesar Rp1,5 triliun. Selain buat akuisisi, dana itu juga bakal digunakan untuk menjalankan ekspansi anak usaha. "Tidak ada target kapan, yang penting ada dulu. Jadi kalau ada kesempatan kan bisa langsung," tutup Jahja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: