LinkedIn Akuisisi “Lynda.com”

150410066Linkedin.jpg

LinkJournal – Media sosial berbasis karier profesional, LinkedIn, akan membeli lynda.com dengan harga US$ 1,5 miliar.

Dengan transaksi tersebut, LinkedIn berharap tujuan pelanggan mereka dalam menciptakan profil profesional bisa terwujud lebih baik.

Dalam penjelasan situs LinkedIn, Kamis (9/4), disebutkan pembayaran transaksi akan sebanyak 52 persen tunai. Sementara itu, 48 persen sisanya akan dibayar melalui saham.

Sebelum kuartal kedua 2015, seluruh proses transaksi diperkirakan selesai."Misi LinkedIn dan lynda.com sepertinya saling mengisi. Kedua media sosial ini mencari cara agar kaum profesional dapat meraih yang terbaik yang bisa mereka lakukan," ujar Jeff Weiner, CEO LinkedIn.

Hanya bedanya lynda.com telah memiliki fasilitas rekaman video agar profesional bisa lebih mendapatkan sosok yang diharapkan. Jeff mengharapkan dengan akuisisi tersebut, pelanggan di lynda.com bisa mendapatkan jumlah partisipan yang lebih banyak.

Hal ini mengingat LinkedIn telah memiliki akun partisipasi hingga 300 juta orang. Sementara itu Lynda Weinman, pemilik lynda.com, mengatakan transaksi ini akan menjadi momen paling menarik selama 20 tahun sejarah media sosial tersebut.

"Saya tak dapat membayangkan sesuatu hal yang lebih baik daripada penggabungan lynda.com dan LinkedIn," ujar Lynda. Eric Robinson, CEO lynda.com mengungkapkan, kerja sama ini akan meningkatkan jumlah partisipan dari kedua pihak.

"Kami telah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media sosial. Penggabungan ini akan makin meningkatkan akses terhadap informasi, pembelajaran, dan pengembangan profesional," ucapnya.

Karena kerja sama ini, nilai saham LinkedIn naik 1,5 persen di bursa saham New York. Kerja sama tersebut juga diharapkan bisa menggeser dominasi media sosial lain yang serupa, terutama media yang berasal dari Tiongkok.

Lynda.com awalnya dipelopori oleh Lynda Weinman dan Bruce Heavin pada 1995. Perusahaan media sosial ini berbasis di Carpinteria, California, Amerika Serikat (AS).

Hingga kini lynda.com telah memiliki berbagai fasilitas, seperti lynda Entreprises, lynda Pro, lynda Campus, lynda Library, dan lynda Kios.

Fasilitas dari lynda.com juga telah mampu memfasilitasi pelanggan dengan bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, dan Jepang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: