Sebagian Harga Sembako Sudah Naik

070949_319130_ayam_pasar_dl.jpg

LinkJournal – Hingga minggu ketiga Mei 2015, ada beberapa komoditas yang telah mengalami kenaikan harga. Komoditas tersebut antara lain telur ayam ras dengan andil inflasi 0,06 persen, daging ayam ras dengan andil 0,05 persen, bawang merah 0,04 persen, dan bawang putih 0,03 persen. Kenaikan harga tersebut terutama karena permintaan yang mulai naik menjelang Ramadan.

"Inflasi Mei 2015 diprediksi berada di angka 0,3 persen. Yang sudah naik harganya volatile food. Kalau komponen core inflation masih deflasi, sehingga bisa menahan inflasi. Administered price mungkin nanti yang naik itu tarif listrik, Pertamax, dan rokok," kata Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jatim Soekowardojo kemarin (25/5).

Kepala BI Provinsi Jawa Timur (Jatim) Benny Siswanto menambahkan, inflasi pada musim Ramadan dan Idul Fitri tahun ini lebih bisa ditekan. Sebab, stok komoditas masih aman dan kenaikan harga pada beberapa komponen administered price masih ditunda hingga Lebaran usai.

"Bulog mengatakan stok aman sampai akhir tahun karena masa panen pertama dan kedua tahun ini mampu menyangga permintaan. Tapi, harga beras masih bisa naik karena permintaan yang tinggi. Pertamina juga kemungkinan belum akan menaikkan harga BBM. Ini agak meringankan," ucapnya.

Menurutnya, BI Jatim bersama gubernur dan seluruh elemen dalam TPID akan berusaha menekan inflasi. Pengamanan harga akan dilakukan sesegera mungkin, sehingga tidak perlu menunggu harga melambung terlebih dahulu pada saat sudah mendekati hari raya Idul Fitri.

Instansi terkait juga diminta transparan soal ketersediaan komoditas, perhitungan harga dan distribusinya.

"Kami sudah dan akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Jatim. Pemprov akan mengeluarkan kebijakan subsidi angkutan, sehingga rantai distribusi tidak menimbulkan biaya tambahan. Operasi pasar juga akan dilakukan di titik-titik tertentu," papar Benny.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: