Shell akuisisi perusahaan migas Inggris senilai Rp908 T

150129132714_shell_624x351_reuters.jpg

LinkJournal – Royal Dutch Shell mengaku telah menyetujui tawaran pengambilalihan BG Group seharga £47miliar atau setara dengan Rp908 triliun.

Kedua perusahaan mengatakan sudah mencapai kesepakatan mengenai pembayaran secara tunai dan saham penawaran yang memberikan investor 50% harga saham BG Group pada 7 April.

Kesepakatan ini bisa menjadi salah satu yang terbesar pada 2015 dan bertepatan dengan tren peningkatan aksi merger dan akuisisi perusahaan.

Langkah kedua perusahaan tersebut dapat menghasilkan sebuah perusahaan dengan nilai lebih dari £200 miliar (sekitar Rp3 quadriliun).

BG Group adalah perusahaan energi ketiga terbesar Inggris. Perusahaan tersebut didirikan tahun 1997 ketika British Gas pecah menjadi dua perusahaan, BG Group dan Centrica.

Setelah perpisahan tersebut, BG Group bertanggung jawab terhadap eksplorasi minyak dan produksi, sedangkan Centrica mengambil alih bisnis eceran Inggris yang sebelumnya dipegang oleh British Gas.

BG saat ini memperkerjakan 5.200 karyawan di 24 negara.

Shell mengatakan pemegang saham BG Group akan menikmati dividen yang lebih tinggi, dan menegaskan niatnya untuk membayar para pemegang saham sebesar $1,88 (sekitar Rp24.393) tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: