Xiaomi Akuisisi Pembuat Moda Unik Segway

1423390segway780x390.jpg

LinkJournal – Startup robotik basis Tiongkok, Ninebot, resmi mengakuisisi perusahaan transportasi inovatif Amerika Serikat, Segway. Ninebot merupakan salah satu startup yang berada di bawah naungan Xiaomi. [ category Link Bisnis]

Segway sendiri terkenal dengan moda roda dua unik bertenaga listrik. Segway dikendarai dan dikendalikan dengan berdiri.

Dilansir AndroidAuthority, Xiaomi dan beberapa perusahaan turut berinvestasi dengan dana 80 juta dollar AS atau setara Rp 1 triliun dalam proses akuisisi itu.

Namun, tak dibeberkan berapa nilai akuisisi keseluruhan yang dikucurkan Ninebot.

Yang menarik, sebelum akuisisi disepakati, Ninebot dan Segway sempat terlibat ketegangan beberapa bulan lalu. Segway menuntut Ninebot ihwal hak paten. Namun, hal tersebut telah dirembukkan.

Perlu diketahui, Ninebot adalah startup yang baru berumur tiga tahun. Perusahaan ini telah memasarkan produk-produknya ke-38 negara di seluruh dunia.

Dengan diakuisisinya Segway, bertambah lagi startup yang masuk ke Mi Ecosystem. Tapi, baik Ninebot maupun Segway telah mengkonfirmasi akan melanjutkan penciptaan produk di bawah nama masing-masing.

Bagaimanapun, Xiaomi bakal menambah satu lagi skala produknya untuk mengekspansi portofolio usahanya. Disinyalir, akuisisi Segway juga merupakan strategi Xiaomi untuk masuk ke pasar negara-negara barat seperti AS.

Saat ini, sudah ada 27 startup yang diakuisisi Xiaomi. Ini menunjukkan gelagat Xiaomi yang tak ingin sekedar dikenal sebagai pabrikan ponsel pintar murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: