PTBA Bersiap Akuisisi Perusahaan Energi Australia

4l9M4R6rEG.jpg?w=480

LinkJournal – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sedang mempersiapkan untuk mengakuisisi perusahaan energi asal Australia, Ignite Energy Resources Limited (IER).

Demikian seperti disampaikan Corporate Secretary Bukit Asam, Joko Pramono, dalam laporannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (16/4/2015).

IER adalah sebuah perusahaan sumber daya alam masyarakat dan perusahaan pengembangan teknologi energi dari Australia yang belum terdaftar di bursa. IER menguasai teknologi batu bara cair, cat HTR, dan coal upgrading.

"Diharapkan sebelum akhir semester I ini hasil due dilligence untuk kajian akuisisi ini sudah keluar. Sehingga perseroan dapat memutuskannya, termasuk komposisi kepemilikan sahamnya," jelas Joko.

Sekadar informasi, sebelum mendirikan anak usaha PT Bukit Energi Investama (BEI), persroan juga membentuk anak perusahaan, PT Bukit Asam Investama (BMI) pada tahun lalu.

BMI kemudian mengakuisisi PT Bumi Sawindo Permai yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, PT Satria Bahana Sarana, yang bergerak di bidang jasa penambangan, serta membentuk PT Bukit Asam Media di bidang pengelolaan rumah sakit dan poliklinik.

"Terbentuknya BEI ini, menambah anak perusahaan PTBA yang sudah berdiri sebelumnya, di antaranya bergerak di sektor penambangan, pengelolaan pembangkit listrik dan perdagangan batu bara," tuturnya.

Kemudian perseroan juga mempunyai perusahaan afiliasi atau cucu perusahaan seperti perusahaan yang bergerak di bidang jasa penambangan, transportasi laut untuk batu bara, jasa pandu pelabuhan, dan perkebunan kelapa sawit.

Leave a comment