Alibaba Akuisisi Media China

alibaba-akuisisi-media-cina-yDuZy1XAv0.jpg

LinkJournal – Perusahaan e-commerce terbesar Cina Alibaba Group Holding Ltd. pada Kamis bakal mengumumkan investasi sekitar USD200 juta. Besaran akan disalurkan dalam akuisisi atas China Business News, perusahaan surat kabar dan televisi finansial yang merupakan bagian dari Shanghai Media Group.

Sumber yang memahami rencana menyatakan, kedua perusahaan berencana mengembangkan layanan data keuangan khusus. Layanan ini nantinya menggunakan data statistik e-commerce Alibaba, seperti tren penjualan. Alibaba pada April meluncurkan layanan data semacam ini bagi pemerintah lokal di kawasan Cina. Layanan berupaya statistik e-commerce.

Selain itu, perusahaan berbasis Hangzhou itu juga memulai layanan data dan statistik saham pada aplikasi Alipay, sistem pembayaran online seumpama PayPal. Alibaba juga berniat menyediakan informasi dan berita keuangan di Alipay.

Perusahaan bentukan Jack Ma itu berencana pula mengembangkan inkubator media bersama China Business News untuk startup media.

Investasi menyusul aliansi antara Alibaba dan Shanghai Media Group pada November silam. Saat itu, keduanya berhasrat mengembangkan berita bisnis berikut layanan finansial. Pada periode yang sama pula, Alibaba gagal mengakuisisi 21st Century Business Herald, salah satu perusahaan media tradisional Cina.

Qin Shuo, chief executive China Business News, akan hengkang dari perusahaan medianya guna berfokus pada penelitian media. Zhou Jiangong, pemimpin redaksi Forbes edisi Cina sekaligus mantan editor senior China Business News Paper, bakal menggantikan posisinya.

Menjelang pengumuman akuisisi, saham Guangdong Guangzhou Daily Media Co Ltd., yang memiliki seporsi kecil saham di China Business News, naik sebesar 10 persen pada Rabu siang dalam perdagangan Shenzhen.

Leave a comment