Erajaya Akuisisi Axioo Indonesia

1369895812.jpg

LinkJournal – Emiten distributor gadget dan retailer PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) telah menandatangani perjanjian jual beli saham dengan PT Exa Nusa Persada dalam rangka mengakuisisi saham PT Axioo Internasional Indonesia.

Rencananya, Erajaya abakal mengakuisisi 51 persen saham Axioo Indonesia senilai Rp 5,1 miliar.

Sekretaris Perusahaan Erajaya Swasembada Djatmiko Wardoyo menjelaskan, penandatangan perjanjian tersebut dilakukan pada 29 April 2015. “Sehubungan dengan pengambilalihan sejumlah 5.100 lembar saham yang merupakan 51 persen saham yang ditempatkan dan disetor penuh pada Axioo Indonesia,” jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (29/4).

Tahun lalu, Erajaya mengakuisisi distributor produksi Apple Inc asal Malaysia, yakni CG Computers SDN Bhd. Kesepakatan jual beli tersebut ditandatangani pada pertengahan tahun 2014.

Erajaya mengakuisisi 600.000 saham CG Computers atau setara 60 persen modal ditempatkan dan disetor CG Computers. Dengan transaksi tersebut, Erafone menjadi pemegang saham mayoritas. Nilai akuisisi sekitar Rp 51,87 miliar.

Pada kuartal I tahun ini, Erajaya berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 3,9 triliun, meningkat dari periode sama tahun lalu sebesar Rp 3 triliun. Meskipun begitu, laba bersih perseoan tercatat turun menjadi sebesar Rp 75,3 miliar, dari periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 80 miliar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: