Manis-Manis Buat Berbuka

Buah berwarna merah cantik menyala ini rasanya manis menyegarkan. Kandungan airnya yang tinggi sangat cocok dimakan sebagai penghilang dahaga saat berbuka. Selain segar, nutrisinya juga lengkap.

Pada bulan ramadan, tidak sedikit orang memilih buah semangka untuk disajikan sebagai hidangan berbuka. Karena kandungan airnya yang banyak dan rasanya yang segar, membuatnya cocok dijadikan sebagai pengganti sirup, teh manis atau minuman manis lainnya.

Citrullus lanatus atau yang biasa dikenal dengan buah semangka ini merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika Selatan. Tanaman yang masih kerabat labu – labuan ini biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar dan dibuat jus.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

Daging buah yang berwarna merah memiliki tingkat lycopene atau sumber antioksidan lebih yang baik untuk tubuh.

Semangka mengandung sekitar 6% gula alami dan 92% air, serta kaya akan vitamin A, B6 dan C, thiamin, kalium, magnesium serta sejumlah besar citrulline – asam amino yang baik untuk tubuh. Makan banyak semangka tidak membuat bobot tubuh bertambah atau gemuk.

Kandungan nutrisinya yang kaya mampu memberikan energi yang baik untuk ketahanan tubuh sepanjang hari. Selain itu juga bisa mencegah serangan jantung dan aneka jenis kanker.

Kadar air dalam semangka merupakan kompenen penting yang baik untuk mencegah dehidrasi. Makan buah semangka segar atau jus sangat dianjurkan bagi mereka yang puasa, agar terhindar dari dehidrasi yang bisa memicu sakit kepala.

Untuk yang sudah berusia lanjut, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

One Comment to “Manis-Manis Buat Berbuka”

  1. July 1 – Citrus Bowl – Open tryouts – Noon – 9 PM. Registration required. 50 Players will be invited back on July 2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: